Maksimalkan Pembiayaan Mikro, PT KAI Gandeng PT PNM

Kompas.com - 18/06/2016, 17:01 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

BANDUNG, KOMPAS.com – Target penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Kereta Api Indonesia (KAI) tahun 2016 mencapai Rp 6,9 miliar.

Dari angka tersebut, dana yang tersalurkan hingga Mei 2016 baru Rp 2,4 miliar atau 21,6 persen.

“Tahun lalu, penyerapan dana PKBL hanya 62,9 persen. Dari target Rp 6,5 miliar, dana yang tersalurkan hanya Rp 41 miliar,” ujar Direktur Keuangan PT KAI, Didiek Hartantyo di Bandung, Sabtu (18/6/2016).

Untuk memaksimalkan penyaluran dana PKBL, pihaknya menggandeng PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

“Dana PKBL harus habis akhir tahun ini. Agar penyerapannya lebih agresif, kami bekerjasama dengan yang ahli di bidang mikro yaitu PT PNM,” ungkapnya.

Seperti yang dilakukan hari ini dengan memberikan bantuan kepada 10 petani masing-masing Rp 50 juta.

Skema pembiayaan nantinya akan diatur oleh PNM sebagai pembina dari para petani tersebut.

“Tujuannya untuk memberdayakan petani dan usaha mikro karena akses ke perbankan susah. Dana akan bergulir untuk lingkungan di sana,” tuturnya.

Didiek mengungkapkan, pihaknya akan menyalurkan dana PKBL melalui dua cara yakni menyalurkan sendiri dan menyalurkan via PNM.

Daerah penyaluran menyebar di Indonesia, terbanyak di Jawa dan Sumatera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X