Awal Pekan IHSG Diprediksi Bergerak di Zona Hijau

Kompas.com - 20/06/2016, 08:30 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham ThinkstockIlustrasi pergerakan harga saham
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan ini diprediksi akan bergerak di zona hijau, setelah pada penutupan akhir pekan kemarin IHSG ditutup menguat 20,75 poin atau 0,43 persen ke level 4.835.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya mengatakan, sentimen positif yang dihembuskan dari penurunan BI Rate masih cukup memberikan angin segar bagi pola pergerakan IHSG.

"Pola pergerakan masih terlihat cukup besar potensi penguatannya, ditunjang oleh diturunkannya BI rate serta masih berlanjutnya capital inflow," papar William dalam risetnya, Senin (20/6/2016).

Selain itu menurut William, sentimen positif lain yang datang berasal dari penguatan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar mampu mendongkrak pergerakan IHSG untuk melanjutkan penguatan.

"Nilai tukar rupiah terhadap dollar yang masih cukup stabil juga terlihat menjadi salah satu faktor yang menunjang pola gerak IHSG," imbuh William.

Meski demikian, investor diminta untuk tetap waspada akan pelemahan sektor komoditas yang akan berpengaruh pada pola gerak saham sektor komoditas.

"Tekanan yang terjadi pada harga komoditas minyak dapat menjadi penekan untuk emiten yang berbasis komoditas," tutur William.

William menuturkan, jelang libur panjang, dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gairah pasar. "Hari ini IHSG berpotensi menguat," pungkasnya.

Beberapa saham yang dapat dijadikan rekomendasi mengawali perdagangan awal pekan ini antara lain:

1. Saham PT Kalbe Farma (Persero) Tbk (KLBF)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.