Saat Arus Mudik, Tol Cikampek Berlakukan "Contra Flow" mulai Km 14 Sampai Km 61

Kompas.com - 20/06/2016, 17:50 WIB
Rapat Komisi V DPR RI dan sejumlah stakeholder transportasi, Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/6/2016) Yoga SukmanaRapat Komisi V DPR RI dan sejumlah stakeholder transportasi, Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/6/2016)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Persiapan mudik Lebaran tidak hanya bicara soal sarana dan prasana transportasi saja, tetapi soal arus lalu lintasnya.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek.

Selama ini tol tersebut memang kerap menjadi titik kemacetan parah saat arus mudik tiba.

"Contra flow akan dilakukan dari kilometer 14 sampai kilometer 61 Tol Cikampek," ujar Wakil Ketua Korlantas Brigjen Pol Indrajit dalam rapat kesiapan arus mudik dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Contra flow atau lawan arus adalah sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya. Biasanya penerapan sistem tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan.

Menurut Indrajit, Tol Cikampek memang menjadi salah satu titik kemacetan setiap arus mudik tiba.

Selain karena intensitas mobil meningkat, kemacetan parah di tol sepanjang 73 kilometer itu diakibatkan menumpuknya kendaraan di rest area.

Oleh karena itu, Korlantas memastikan kendaraan yang masuk jalur contra flow tidak bisa masuk ke rest area mulai dari kilometer 14 hingga kilometer 61.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X