Ada 3 Kesalahan yang Dilakukan Wanita Saat Berinvestasi, Apa Saja?

Kompas.com - 21/06/2016, 10:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Investasi bukan hanya milik kaum pria, namun juga para wanita. Di masa kini, semakin banyak wanita di seluruh dunia yang menjadi investor di pasar modal, baik dengan instrumen saham maupun yang lainnya.

Namun demikian, ternyata ada tiga kesalahan yang dinilai lazim dilakukan oleh para investor wanita. Mengutip CNN Money, Selasa (21/6/2016), berikut penjelasannya.

1. Wanita terlalu takut akan pasar saham

Investor wanita kawakan Wall Street Sallie Krawcheck mengatakan, tak banyak wanita yang berinvestasi pada instrumen saham, bahkan kadang tak menyentuh ekuitas sama sekali.

Sebaliknya, kaum wanita cenderung memilih obligasi atau menempatkan dananya di pasar uang.

Krawcheck menyebut, pilihan investasi itu tidak buruk, namun tidak memberi imbal hasil jangka panjang yang menguntungkan layaknya saham.

"Meskipun saat mengalami periode rendah, imbal hasil pasar saham bisa mencapai 9,5 persen," ujar Krawcheck.

2. Wanita seringkali kurang percaya diri

Menurut Krawcheck, terkadang wanita merasa harus mengetahui segalanya sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Sebagian wanita bahkan menunda investasi hingga bertahun-tahun.

"Ini bisa sangat berbahaya bagi performa investasi Anda sendiri," Krawcheck memperingatkan.

Halaman:


Sumber CNN Money
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X