Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Tagih Janji Pejabat China Hukum 9 Kapal "Illegal Fishing" yang Kabur

Kompas.com - 21/06/2016, 21:06 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menagih janji deputi kementerian pertanian China.

Menurut Susi, pejabat China itu berjanji akan mengukum 9 kapal pelaku illegal fishing yang lari dari Papua. "Saya akan nagih janjinya," ujar Susi di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Menurut Susi, janji pejabat Chia itu diucapkan saat ia datang langsung ke Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Saat ini, Susi trus menunggu berita hukuman apa yang akan diberikan pemerintah China kepada 9 kapal yang kabur setalah ditangkap di Papua tersebut.

"(Saat itu) Beliau bilang sangat mengerti kegeraman saya," kata Susi.

Sebelumnya, sebanyak 9 kapal asal China dibawa kabur dari perairan Pelabuhan Pamako, Timika, Papua pada 30 Desember 2015 lalu.

Menurut Susi, 38 orang ABK asal China yang membawa lari 9 kapal tersebut berlaku sangat tidak pantas dan amat tidak menghormati tata hukum kenegaraan NKRI.

Padahal, kata Susi, pemerintah RI telah memiliki itikad baik untuk memproses kapal-kapal asing pelaku illegal fishing secara bilateral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com