Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeda Siang, IHSG Terus Menanjak

Kompas.com - 22/06/2016, 12:31 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan pada jeda siang perdagangan saham Rabu (22/6/2016) ditutup dengan penguatan 0,30 persen atau 15,08 poin ke level 4.893,79.

Sektor aneka industri kembali menjadi pendorong kenaikan indeks setelah naik sangat signifikan 2,77 persen. Didukung pula kenaikan sektor perdagangan hingga 1 persen serta sektor keuangan 0,73 persen.

Saham ASII mendorong kenaikan sektor aneka industri dengan kenaikan 3,3 persen di jeda siang. Sementara saham-saham perbankan juga menguat di atas 1 persen, seperti BBCA, BBNI, dan BBTN, sementara kenaikan BBRI hanya 0,24 persen.

Naiknya saham ASII didorong akan keluarnya varian baru mobil adik Avanza-Xenia, sementara kenaikan saham perbankan didorong pelonggaran aturan LTV yang bisa mendorong kenaikan KPR bank.

Namun, empat sektor mengalami pelemahan yang bisa menyeret turun indeks yakni sektor konsumer, perkebunan, properti dan industri dasar.

Data RTI menunjukkan, sebanyak 3,78 miliar saham berpindah tangan dengan nilai transaksi Rp 2,76 triliun.

Sebanyak 155 saham ditutup menguat, sementara 103 saham ditutup turun dan 95 saham ditutup tetap.

Kompas TV Merek Baru Serbu Pasar Sepeda Motor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com