Kompas.com - 22/06/2016, 14:22 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya untuk cermat dalam memperhitungkan subsidi listrik. Jangan sampai subsidi listrik justru dinikmati oleh kalangan yang mampu secara finansial.

Sebaliknya, Presiden juga mengingatkan jangan sampai ada warga tidak mampu yang tidak dapat menikmati subsidi listrik yang diberikan pemerintah.

"Cermat dalam menghitung, cermat dalam penerapannya. Jadi subsidi tepat sasaran. Yang betul-betul tak mampu, rumah tangga yang miskin harus benar-benar dipastikan mereka mendapatkan subsidi itu," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai penerapan subsidi listrik tahun 2016 di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

(Baca: Subsidi Listrik Tahun 2017 Diusulkan sampai Rp 62,8 Triliun)

Untuk memastikan subsidi tepat sasaran, lanjut Jokowi, maka kementerian dan lembaga terkait harus tepat dalam melakukan validasi data masyarakat miskin yang berhak mendapat subsidi.

Jokowi mengingatkan jangan sampai ada perbedaan data sehingga keputusannya nanti bisa keliru. Dengan subsidi yang efektif dan tepat sasaran, maka anggaran yang ada bisa dialihkan ke program-program lain.

"Kita bisa alokasikan ke percepatan pembangunan, program listrik 35.000 Megawatt yang dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat luas," tambah Jokowi kepada para menteri yang hadir.

Kompas TV Pengurangan Subsidi Listrik Diputuskan di Banggar DPR

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.