Kemenhub Nyatakan Pesawat Udara untuk Mudik Lebaran 2016 Aman

Kompas.com - 22/06/2016, 16:05 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan armada pesawat udara untuk mudik lebaran tahun 2016 aman digunkan.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah Kemenhub memeriksa kelaikan operasional (ramp check) terhadap 552 pesawat udara.

Direktur Jendral Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kemenhub Suprasetyo memaparkan pemeriksaan yang dilakukan meliputi kelaikan pesawat itu sendiri, yakni kondisi ban, kondisi rem, hingga rangka apakah ada baut yang lepas.

"Kemudian kami masuk periksa semua apakah semua perlatan berfungsi, oksigen juga tersedia," kata Suprasetyo Rabu (22/6/2016).

Selain itu, Suprasetyo juga memeriksa lisensi pilot dan co pilot yang akan menerbangkan pesawat.

Suprasetyo menuturkan dari 552 pesawat yang diperiksa hampir kesemuanya bagus. Namun terdapat temuan kecil seperti lampu yang tidak menyala, kursi kurang bagus. Tetapi temuan tersebut sudah mulai diperbaiki.

"Selain itu ada lima pesawat yang mengalami kerusakan berat seperti kerusakan mesin, tapi sudah diperbaiki. Pesawat itu dari maskapai Express Air, Ariwijaya Air, Lion Air, Indonesia Transport, dan AirAsia," ucap Suprasetyo.

Namun, Suprasetyo meyakinkan kepada masyarakat bahwa angkutan pesawat untuk mudik lebaran aman untuk digunakan. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu menggunakan pesawat terbang untuk angkutan mudiknya.

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (KUPPU) Mohammad Alwi menambahkan semua petugas memerikasa kelaikan pesawat udara tidak secara acak atau random.

Para petugas memeriksa semua pesawat udara termasuk pesawat berbadan kecil.

"Maka dari itu untuk angkutan pesawat udara lebaran pada tahun 2016 kami nyatakan pesawat di tahun 2016 ini itu Insha Allah semua memenuhi kriteria standar," pungkas Alwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.