"Trader" Berpeluang Memainkan Nilai Tukar Uang Saat "Brexit"

Kompas.com - 23/06/2016, 10:30 WIB
Iswardi Lingga, Head Office Educator Monex Investindo Futures (kanan). Kontributor Surabaya, Achmad FaizalIswardi Lingga, Head Office Educator Monex Investindo Futures (kanan).
|
EditorAprillia Ika

SURABAYA, KOMPAS.com - Pelaku usaha trading (trader) diminta tidak cemas atas isu "British Exit (Brexit)", atau rencana keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa. Justru dari fenomena itu, ada peluang yang bisa dimanfaatkan.

Menurut Iswardi Lingga, Head Office Educator, perusahaan pialang berjangka, Monex Investindo Futures, peluang yang dimaksud adalah para trader bisa memainkan nilai tukar mata uang jika Brexit benar terjadi.

"Yang bisa dimainkan di sini adalah pertukaran nilai kurs mata uang,” jelasnya di Surabaya, Rabu (22/6/2016) malam.

Kata dia, seorang trader tidak ingin ada peristiwa yang berdampak global, namun di sisi lain, seorang trader harus mampu melihat peluang sekecil apa pun dari suatu peristiwa.

"Seorang trader harus yakin bahwa sebuah perkembangan diawali dari sebuah krisis," terangnya. Hingga saat ini, bank sentral terus memantau kondisi menjelang referendum yang akan diselenggarakan di Inggris.

Pantauan terakhir, 52 persen warga memilih Brexit, sementara 48 persen memilih tetap menjadi anggota Uni Eropa.

Pengaruh "Brexit"

Pengaruh Brexit bagi Indonesia, menurut Iswardi, tidak berdampak signifikan, namun lebih banyak akan berdampak pada minat investasi ke Inggris. Selain itu, Brexit juga bakal berpengaruh terhadap nilai tukar poundsterling. 

Berdasarkan analisis Bank Indonesia, Brexit akan lebih banyak berpengaruh di kawasan Eropa yang berhubungan secara langsung dengan Inggris.

Selain itu, Brexit juga akan berdampak pada pelemahan nilai tukar poundsterling dan membuat nilai tukar mata uang euro menguat. 

(Baca: BI Nilai Dampak "Brexit" Tak Terlalu Besar ke Indonesia)

Kompas TV Infografis: Apa itu Brexit?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X