Pelemahan Ekonomi Tak Pengaruhi Omzet Koperasi

Kompas.com - 24/06/2016, 08:15 WIB
Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga saat meninjau pasar murah ramadan di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Rabu (22/6/2016). KOMPAS.com/Pramdia Arhando JuliantoMenteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga saat meninjau pasar murah ramadan di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Rabu (22/6/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) AAGN Puspayoga mengetakan, saat ini meski pelemahan ekonomi sedang terjadi tapi kinerja koperasi masih cenderung stabil.

Hal itu dikemukakan Menkop Puspayoga saat mengunjungi Koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) di Tanggulangin, Surabaya, Kamis (23/6/2016).

Menkop menjelaskan, omzet koperasi Intako diketahui mencapai Rp 500 juta - Rp 600 juta per bulan. Omzet ini tidak mengalami penurunan meski ekonomi nasional dan global melemah. Menkop yakin ekonomi kerakyatan masih terus jadi tulang punggung ekonomi nasional.

"Setiap bulan Koperasi Intako masih bisa mencapai omzet 500 hingga Rp 600 juta. Produksinya masih stabil," tegas Puspayoga dalam keterangan resminya, Kamis (23/6/2016).

Menkop menuturkan, dari hasil tinjauan ke berbagai koperasi di tanah air, kinerja koperasi umumnya sangat baik. Pemerintah, konsisten mendukung dan membantu agar koperasi tidak mengalami hambatan baik dalam akses pasar maupun suplai bahan baku. '

Itu sebabnya, Kemenkop UKM terus melakukan koordinasi dengan kementerian terkait khususnya Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

"Jika ada persoalan dalam suplai bahan baku, akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perindustrian. Kami ingin terjadi penguatan kelembagaan," tegasnya.  

Industri Tas dan Koper (INTAKO), Tanggulangin, merupakan wadah pengrajin tas dan koper yang menaungi lebih dari 300 UKM.

Umumnya produk tas dan koper buatan Intako berbahan baku kulit. Intako kini sudah menerapkan quality control. Produk Intako sudah merambah ke berbagai negara seperti Amerika, Italia dan Arab Saudi.

Kompas TV 1 Tahun Deposito Koperasi Tidak Bisa Dicairkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.