Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan Ekonomi Tak Pengaruhi Omzet Koperasi

Kompas.com - 24/06/2016, 08:15 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) AAGN Puspayoga mengetakan, saat ini meski pelemahan ekonomi sedang terjadi tapi kinerja koperasi masih cenderung stabil.

Hal itu dikemukakan Menkop Puspayoga saat mengunjungi Koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) di Tanggulangin, Surabaya, Kamis (23/6/2016).

Menkop menjelaskan, omzet koperasi Intako diketahui mencapai Rp 500 juta - Rp 600 juta per bulan. Omzet ini tidak mengalami penurunan meski ekonomi nasional dan global melemah. Menkop yakin ekonomi kerakyatan masih terus jadi tulang punggung ekonomi nasional.

"Setiap bulan Koperasi Intako masih bisa mencapai omzet 500 hingga Rp 600 juta. Produksinya masih stabil," tegas Puspayoga dalam keterangan resminya, Kamis (23/6/2016).

Menkop menuturkan, dari hasil tinjauan ke berbagai koperasi di tanah air, kinerja koperasi umumnya sangat baik. Pemerintah, konsisten mendukung dan membantu agar koperasi tidak mengalami hambatan baik dalam akses pasar maupun suplai bahan baku. '

Itu sebabnya, Kemenkop UKM terus melakukan koordinasi dengan kementerian terkait khususnya Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

"Jika ada persoalan dalam suplai bahan baku, akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perindustrian. Kami ingin terjadi penguatan kelembagaan," tegasnya.  

Industri Tas dan Koper (INTAKO), Tanggulangin, merupakan wadah pengrajin tas dan koper yang menaungi lebih dari 300 UKM.

Umumnya produk tas dan koper buatan Intako berbahan baku kulit. Intako kini sudah menerapkan quality control. Produk Intako sudah merambah ke berbagai negara seperti Amerika, Italia dan Arab Saudi.

Kompas TV 1 Tahun Deposito Koperasi Tidak Bisa Dicairkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com