Sebenarnya, Apa Saja Dampak "Brexit" bagi Asia?

Kompas.com - 26/06/2016, 12:15 WIB
tempat melepas lelah di Ginza KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTItempat melepas lelah di Ginza
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Referendum yang memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa dalam sekejap melemahkan kinerja nilai tukar mata uang dan pasar saham Asia. Namun, apa saja sebenarnya dampak Brexit bagi Asia?

Pemerintah Jepang, Korea Selatan, dan India menyatakan tidak banyak dampak Brexit terhadap perekonomian riil mereka. Ketiga negara pun berupaya meyakinkan para investor dan menenangkan pasar.

Namun demikian, banyak pengamat dan analis menyatakan dampak langsung Brexit terhadap ekonomi-ekonomi Asia tidak terlalu signfikan dalam jangka panjang. Hal ini dapat dilihat dari persentase ekspor ke Inggris terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Dalam persentase, ekspor ke Inggris berkisar antara 2 sampai 3 persen untuk negara seperti Hong Kong dan Vietnam, bahkan lebih rendah, yakni 0,2 sampai 1 persen bagi negara-negara lainnya, termasuk Malaysia dan Indonesia," kata ekonom OCBC Wellian Wiranto seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/6/2016).

Akan tetapi, bisnis di beberapa negara utama Asia, dalam hal ini adalah Jepang dan India, akan berdampak.

Misalnya saja, beberapa produsen mobil besar Jepang seperti Toyota telah menyatakan pilihan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dapat berdampak pada 10 persen bea terhadap mobil pabrikan Inggris yang dijual di Uni Eropa.

Saat ini, Toyota mengekspor hampir 90 persen mobil produksi pabriknya di Inggris. Adapun tiga perempatnya diekspor ke Uni Eropa saja.

Perusahaan elektronik Jepang Hitachi pun menyatakan bakal mempertimbangkan kembali operasionalnya di Inggris menyusul Brexit.

Sementara itu, India yang fokus pada perusahaan teknologi mengekspor seperempat dari total produk TI ke Inggris dan Eropa, dengan nilai sekitar 30 miliar dollar AS.

Ada pula Tata Group, perusahaan India yang telah beroperasi di Inggris sejak tahun 1907.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X