Pasca Referendum "Brexit," 30 Bank Sentral Dunia Siap Jaga Kestabilan Pasar Keuangan

Kompas.com - 27/06/2016, 16:00 WIB
Foto patung Winston Churchill menghadap AP Photo/Matt DunhamFoto patung Winston Churchill menghadap "Houses of Parliament" London, Jumat (24/6/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 30 gubernur bank sentral di dunia menyatakan siap menjaga kelancaran dan kestabilan pasar keuangan pasca referendum di Inggris.

Hal tersebut disampaikan pada pertemuan ekonomi global (Global Economic Meeting) yang merupakan salah satu rangkaian pertemuan tahunan Bank for International Settlement (BIS) di Basel, Swiss.

Dalam pernyataannya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, pertemuan BIS membahas mengenai dampak hasil referendum Inggris terhadap perekonomian.

Selain itu, disampaikan pula dukungan terhadap langkah-langkah antisipatif yang telah disiapkan Bank of England.

"Para gubernur bank sentral juga menyatakan komitmen untuk senantiasa memonitor perkembangan kelancaran dan stabilitas pasar keuangan serta mempererat kerjasama antar bank sentral untuk memastikan kelancaran dan stabilitas pasar keuangan tetap terjaga," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam pernyataan resmi, Senin (27/6/2016).

Gubernur Bank Indonesia selanjutnya menyampaikan, BI terus mencermati potensi risiko yang mungkin muncul terhadap perekonomian Indonesia dan telah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif yang diperlukan.

Selain itu, BI juga terus mempererat kerjasama dengan pemerintah, OJK, dan LPS, maupun dengan otoritas bank sentral negara lain untuk menjaga stabilitas sistem keuangan nasional.

Usai referendum di Inggris yang memutuskan negara tersebut keluar dari Uni Eropa, pasar keuangan dunia terguncang.

Mata uang poundsterling melemah 10 persen, termasuk pula banyak mata uang dunia lainnya. Di Indonesia sendiri, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tergelincir lebih dari 100 poin. Selain itu, nilai tukar rupiah pun melemah sekira 1 persen.

(Baca: BI: Dampak "Brexit," Ketahanan Ekonomi Indonesia Terjaga)

Kompas TV Infografis: Apa itu Brexit?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X