Dampak "Brexit" Terhadap Ekspor Produk UMKM RI Tidak Signifikan

Kompas.com - 27/06/2016, 19:57 WIB
Seminar Nasional, Revitalisasi Koperasi di Tengah Masyarakat Ekonomi Asean di Semsco Jakarta, Senin (27/6/2016). Pramdia Arhando JuliantoSeminar Nasional, Revitalisasi Koperasi di Tengah Masyarakat Ekonomi Asean di Semsco Jakarta, Senin (27/6/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan kegiatan ekspor produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak terpengaruh dengan adanya manuver Inggris yang keluar dari persekutuan Uni Eropa atau British Exit (Brexit).

Deputi bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari menilai Brexit hanya berdampak pada perekonomian negara-negara Uni Eropa.

Choirul menambahkan, dampak kepada Indonesia tidak secara langsung, dan kalaupun terdampak, hanya sedikit.

"Masalah serius dihadapi negara-negara Uni Eropa. Dampak Brexit tidak terlalu langsung ke UMKM Indonesia," ujar Choirul usai seminar Revitalisasi Koperasi di tengah Masyarakat Ekonomi Asean di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2016).

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Agung Sudjatmiko menjelaskan dampak Brexit bagi ekspor produk UMKM Indonesia ke negara-negara Uni Eropa dan Inggris tak akan besar.

"Jadi Brexit ini tidak memberikan dampak yang signifikan atas kondisi ekonomi kita dan kondisi UMKM. Saya kira tidak ada pengaruh langsung bagi UMKM maupun dengan kondisi ekonomi makro nasional," paparnya.

Agung menjelaskan, arus pinjaman dan hibah memang akan tersendat ke Indonesia karena kreditor dari negara Uni Eropa akan menahan aliran dananya.

Jika kondisi perekonomian negara-negara Uni Eropa sudah stabil, barulah mereka mulai mengalirkan dananya kembali ke Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X