Duh! Produk Diet PepsiCo Akan Kembali Gunakan Pemanis Buatan...

Kompas.com - 28/06/2016, 12:00 WIB
Ilustrasi Pepsi. ShutterstockIlustrasi Pepsi.
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Produsen minuman PepsiCo Inc berencana untuk kembali menggunakan pemanis buatan aspartam sebagai bahan baku produk soda diet. Sebelumnya, aspartam tidak digunakan dalam produk Diet Pepsi di Amerika Serikat tahun lalu.

Penggunaan aspartam ini tak lain untuk kembali membangkitkan penjualan minuman kola yang sedang lesu.

Produk baru mengandung aspartam yang dinamakan "Diet Pepsi Classic Sweetener Blend" tersebut akan mulai dipasarkan di AS pada September 2016 mendatang.

PepsiCo juga akan mengganti nama produk "Pepsi Max" menjadi "Pepsi Zero Sugar" untuk menegaskan bahwa produk tersebut adalah minuman soda diet.

Pepsi Max bersaing di pasaran dengan Coke Zero milik Coca-Cola Co. Produk soda bebas aspartam Diet Pepsi hadir ke pasaran pada musim panas tahun lalu di AS.  Produk ini akan terus menjadi produk soda diet utama yang ditawarkan PepsiCo.

"Konsumen ingin pilihan minuman soda diet, sehingga kami menyegarkan kembali jajaran produk kami di AS untuk menawarkan tiga pilihan yang mampu menjawab kebutuhan dan preferensi cita rasa," ujar juru bicara PepsiCo Gina Anderson seperti dikutip dari Reuters, Selasa (28/6/2016).

Pada April 2015 lalu, PepsiCo menyatakan tidak akan lagi menggunakan aspartam untuk alasan kesehatan konsumen.

Pasalnya, aspartam yang lazim gunakan sebagai pemanis minuman soda diet, 200 kali lebih manis dibandingkan gula biasa.

Volume penjualan Diet Pepsi turun 10,6 persen pada kuartal I 2016, sementara penjualan Diet Coke dari Coca-Cola Co, pesaing PepsiCo, hanya turun 5,7 persen.

Menurut laporan Beverage Digest, Diet Coke mengandung aspartam. Sementara itu, pendapatan bersih PepiCo merosot 3 persen pada kuartal I 2016. Di sisi lain, pendapatan bersih Coca-Cola Co turun 4 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X