Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementan Dorong Importir Segera Realisasikan Impor Daging Sapi

Kompas.com - 01/07/2016, 19:55 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong para importir dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta agar lebih giat lagi memasukkan daging sapi impor dari Australia ke Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementan Hari Priyono mengungkapkan dari izin impor daging sapi yang dikeluarkan periode Mei-Agustus sebesar 46.300 ton hanya 15.700 atau 35 persen yang baru masuk ke dalam negeri.

Sehingga, katanya, ini yang menyebabkan pasokan kurang mencukupi dan menyebabkan kenaikan harga.

"Sebetulnya masih ada ruang (tambah pasokan). Makanya kita dorong swasta segera mengimpor," kata Hari dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Ia juga menuturkan alasan importir yang belum merealisasikan impor daging sapi adalah  terhambat waktu.

"Proses importir kan memerlukan waktu, nggak bisa orang bawa duit ke Australia langsung dapat barang. Mereka selalu bekerja dengan kontrak," ucapnya.

Menurut Hari, naiknya harga daging sapi tidak hanya disebabkan oleh kurangnya pasokan, tetapi juga karena sejumlah pihak ingin mempertahankan harga daging sapi di atas Rp 100.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com