Percepat Transaksi di Gerbang Tol, Jasa Marga Ajak Pemudik Gunakan E-Toll

Kompas.com - 04/07/2016, 16:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga (Persero) Tbk tengah berupaya mensosialisasikan kepada pemudik untuk menggunakan E-Toll. Hal ini berguna untuk mempermudah dan mempercepat transaksi di gerbang tol saat mudik.

Berdasarkan informasi dari twitter @PTJASAMARGA, para pemudik dari Jakarta yang bertujuan ke Brebes Timur dapat melakukan pembayaran menggunakan E-Toll dapat dilakukan mulai pintu gerbang tol Cikarang Utama hingga gerbang tol Brebes Timur.

Pemudik hanya perlu menempelkan kartu E-Toll pada mesin di gerbang tol tanpa bertransaksi dengan petugas tol.  

“Mudik lebih cepat dan praktis dengan E-Toll,” demikian dikutip Kompas.com dari akun Twitter resmi Jasamarga, Senin (4/6/2016).

Sebelumnya, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru Santoso mengatakan pengunaan E-Toll akan lebih mudah dan cepat.

“Transaksi di gerbang tol akan lebih cepat dan praktis dengan menggunakane-toll card sebagai alat pembayaran,” ujar Dwimawan Heru Santoso.

Jasamarga mengatakan cara ini diprediksi dapat mempercepat proses transaksi hingga 50 persen dibandingkan transaksi tunai dan akan berdampak terurainya penumpukan kendaraan pada pintu gerbang tol.

Adapun beberapa kartu E-Toll yang dapat digunakan untuk melintasi ruas tol Jakarta hingga Brebes adalah E-Toll card, e-money milik Bank Mandiri, Tapcash keluaran Bank BNI, Brizzi milik BRI, E-money keluaran Bank BTN serta BCA Flazz.

PT Jasamarga mengklaim bahwa titik transaksi sekarang berkurang dari awalnya di 7 titik gerbang tol hanya menjadi 3 titik. Yakni di pintu gerbang tol Cikarang Utama, Palimanan dan Brebes Timur.

Hal ini akan semakin mempercepat waktu perjalanan pemudik. Adapun diperkirakan sekali transaksi di gerbang tol memakan waktu 40 detik per kendaraan, dengan dikuranginya titik transaksi menjadi 3 titik waktu bertransaksi berkurang hingga 140 detik.

Sementara itu, bagi pemudik yang membutuhkan informasi lalu lintas dapat menghubungi Call Center Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) 14080 atau dengan mengakses twitter @PTJASAMARGA dan m.jasamargalive.com.

Kompas TV Pemudik Frustasi Terjebak Macet

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.