Kompas.com - 07/07/2016, 17:26 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara menyatakan bahwa kurs rupiah akan menguat jika inflasi rendah. Sehingga pemerintah harus melakukan berbagai upaya agar bisa menjaga inflasi di level rendah. "Kalau mau kurs stabil atau menguat, kita harus usahakan inflasi tetap rendah, neraca perdagangan ekspor impor terus surplus, current account defisit terus surplus," kata Mirza saat ditemui di Rumah Dinas Menko Perekonomian Darmin Nasution, Jakarta, Kamis (7/7/2016).

Mirza menegaskan jika kurs rupiah terlalu kuat, hal itu tidak akan baik bagi neraca perdagangan Indonesia. Jika rupiah terlalu menguat, hal itu itu akan membuat barang impor semakin murah, sehingga pedagang lebih memilih impor daripada produksi. "Kurs yang terlalu kuat juga membuat barang impor terasa murah, kemudian pedagang lebih senang impor dibanding produksi. Barang ekspor terasa mahal. Kurs lemah bisa membuat inflasi dari produk-produk impor menjadi lebih tinggi, utang luar negeri terlalu besar bebannya," jelas Mirza.

Mirza menuturkan, kurs rupiah merupakan cerminan dari situasi neraca pembayaran, ekspor impor barang dan jasa defisit atau surplus, dan situasi inflasi. Sehingga, menurut dia asumsi yang ditetapkan sebesar Rp 13.500 telah sesuai dengan kondisi perekonomian di Indonesia. "Jadi harus di level yang wajar, yang bisa mendorong ekspor manufaktur, mencegah impor yang berlebihan, dan tetap menjaga inflasi," tutup Mirza.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X