BKPM: Investor Korsel Akan Bangun Pabrik Sepatu Senilai Rp 2,08 Triliun

Kompas.com - 10/07/2016, 14:13 WIB
Ilustrasi investasi www.shutterstock.comIlustrasi investasi
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan salah satu perusahaan dari Korea Selatan berkomitmen akan membangun pabrik sepatu dengan nilai investasi sebesar 150.000.000 dollar AS atau setara Rp 2,09 triliun.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan industri padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja akan menjadi fokus dari BKPM. Pembangunan pabrik tersebut, lanjut dia, akan dilakukan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang bisa menyerap 15.000 tenaga kerja.

"D itengah kondisi perekonomian dunia yang sulit, upaya penciptaan tenaga kerja menjadi hal yang sangat penting dalam upaya untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi. BKPM akan terus melakukan langkah aktif untuk menarik investasi padat karya," katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Jakarta, Minggu (10/7/2016).

Franky menuturkan, perusahaan tersebut sudah mendapatkan izin prinsip oleh BKPM dan segera akan melakukan pembangunan pabrik dan instalasi mesin. Dia juga terus melakukan upaya-upaya untuk menarik investasi di sektor padat karya dari negara-negara prioritas.

"Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang merupakan negara-negara yang memiliki eksposure investasi padat karya yang besar di Indonesia," imbuhnya.

Kepala Kantor BKPM di Korea Selatan (IIPC Seoul) Imam Soejoedi menambahkan dirinya akan terus mengawal investasi ini agar rencana tersebut dapat diwujudkan. Dia juga mengatakan investor tersebut sangat serius untuk membangun pabrik sepatu di wilayah Indonesia.

"Mereka meminta dukungan dari pemerintah pusat dan daerah dalam rangka merealisasikan pabrik di Kabupaten Jepara," tutur Imam.

Menurut data BKPM periode triwulan pertama 2016, Korea Selatan berada di peringkat keenam dari daftar asal investasi ke Indonesia dengan nilai investasi mencapai 188 juta dollar AS yang terdiri dari 435 proyek dan menyerap 28.349 tenaga kerja.

(Baca juga: Berhutang Budi, Korsel Bantu UKM Indonesia Agar Go Internasional)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X