Hari Ini, Jumlah Kendaraan Menuju Jakarta Turun 5 Persen

Kompas.com - 11/07/2016, 15:23 WIB
Suasana di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (10/7/2016). Arus balik Lebaran di Terminal Kalideres diprediksi terjadi hari ini. Kahfi Dirga CahyaSuasana di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (10/7/2016). Arus balik Lebaran di Terminal Kalideres diprediksi terjadi hari ini.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto mengatakan, sesuai dengan prediksi, puncak arus balik telah terjadi di h+2, sabtu 9 juli kemarin.  

"Arus balik yang melintas Tol Cipali dari arah Cirebon ke Jakarta yang masuk di GT Palimanan Minggu, 10 Juli 2016 pukul 06.00 hingga Senin, 11 Juli 2016 pukul 06.00 WIB adalah sebanyak 58.010 kendaraan perhari. Turun 5 persen dibandingkan dengan volume di hari sebelumnya yang tercatat sebesar 61.080 kendaraan per hari," ujar Hudaya dalam keterangan resminya, Senin (11/7/2016).

Hudaya menambahkan, walaupun volume kendaraan tinggi pada puncak arus balik kemarin tetapi transaksi di gerbang tol dapat berjalan optimal, tidak terjadi antrian yang signifikan.

"Hal ini dapat terjadi juga berkat kesigapan para petugas di gerbang toldan partisipasi para pengendara untuk mempersiapkan kartu tol dan pembayaranbaik secara tunai, e-payment maupun dengan voucher tol," papar Hudaya.

Sementara itu, LMS menghimbau agar masyarakat yang masih belum melakukan perjalanan balik untuk terus mengatur waktu perjalanannya dengan memantau lalu lintas di rute yang akan dilaluinya, agar tidak terjebak kemacetan.

Masyarakat terus dihimbau untuk sudah menyiapkan kartu tol dan uang pas sebelum memasuki gerbang tol.

Sesuai dengan masa berlakunya, mulai hari ini, Senin, 11 Juli 2016, program voucher prabayar, program pembulatan tarif dan program diskon 20 persen penggunaan e-payment telah berakhir.

"Meskipun demikian, petugas jemput kendaraan masih akan tetap melayani para pengendara untuk penukaran uang kecil untuk mempercepat waktu transaksi di gerbang tol," pungkas Hudaya.

Kompas TV Pemudik Ogah Bernasib Sama saat Pulang

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X