Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Repatriasi Pengampunan Pajak Segarkan Reksa Dana

Kompas.com - 14/07/2016, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana repatriasi dari program pengampunan pajak diprediksi bakal membanjiri sektor keuangan Indonesia. Industri jasa keuangan, termasuk diantaranya perbankan dan pasar modal, pun mulai mempersiapkan diri untuk menampung dana repatriasi yang kabarnya berjumlah besar itu.

Ambil contoh adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang menggandeng dua anak usahanya, yakni Mandiri Sekuritas dan Mandiri Manajemen Investasi untuk mempersiapkan dan menyediakan ragam pilihan instrumen penempatan dana repatriasi pengampunan pajak.

Bagi Mandiri Sekuritas, salah satu instrumen investasi yang ditawarkan adalah reksa dana. Direktur Utama Mandiri Sekuritas Abiprayadi Riyanto menyebut, dana repatriasi pengampunan pajak mampu memberi dampak positif bagi industri reksa dana yang menjadi salah satu instrumen investasi dana repatriasi.

Menurut Abi, dana repatriasi dari pengampunan pajak diperkirakan akan meningkatkan total dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) industri reksa dana. Saat ini saja, dana kelolaan industri reksa dana mencapai sekira Rp 200 triliun.

"Sekarang industri reksa dana AUM Rp 200 triliun. Anda bisa kira-kira, mungkin bisa naik dua kali lipat. Tapi ini tergantung kesiapan kita," kata Abi di Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Abi memandang, periode tiga bulan pertama paska disahkannya Undang-undang Pengampunan Pajak merupakan momen yang amat baik untuk meningkatkan dana kelolaan industri reksa dana. Oleh sebab itu, pihaknya mengaku sudah menyiapkan produk-produk investasi.

"Kalau di Mansek akan disiapkan supaya begitu momen ini jalan, tiga bulan pertama ini merupakan momen yang paling bagus, berarti kita sudah siap sama produk-produk," terangnya.

Ia berharap agar Bank Mandiri sebagai induk perusahaan dapat melakukan sosialisasi kepada para nasabah terkait Undang-undang Pengampunan Pajak.

Dengan demikian, nasabah atau pemilik dana dapat memperoleh informasi yang cukup terkait penempatan dana mereka.

"Sekarang tahapannya baru sosialisasi di teman-teman Bank Mandiri. Harapannya minggu depan sudah bisa ke nasabah," jelas Abi.

Kompas TV Kapan Waktu Yang Tepat Berinvestasi Reksa Dana?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com