Harga Gas 3 Kg di Kepahiang Tembus Rp 30.000 Per Unit

Kompas.com - 14/07/2016, 14:44 WIB
operasi pasar gas 3 kg di indralaya ogan ilir untuk atasi kelangkaan KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIAoperasi pasar gas 3 kg di indralaya ogan ilir untuk atasi kelangkaan
|
EditorAprillia Ika

BENGKULU, KOMPAS.com - Kenaikan harga gas di tingkat pengecer wilayah Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu pasca harirRaya Idul Fitri 1437 H, cukup fantastis.

Dari pantauan Kompas.com, kenaikan harga gas khususnya untuk ukuran 3 kilogram. Per satu uniy, harganya bisa mencapai Rp 30 ribu per unit.

Kenaikan harga yang terjadi sejak beberapa hari lalu, diakui oleh Sumita (45) selaku warga dari Lingkungan Mandi Angin, Kelurahan Pasar Kepahiang. Sebab kenaikan, diketahuinya akibat berkurangnya pasokan gas dari PT Pertamina.

"Gas lagi sulit didapatkan dilingkungan kami ini. Jika ada, dijual dengan harga tinggi atau Rp 30 ribu. Kalau ditanyakan kenapa kenaikan harga gas itu melonjak naik, diakui oleh penjual akibat pasokan yang kurang," ungkap Mita.

Untuk mendapatkan gas dengan harga yang tinggi itu, Mita mengaku tidak langsung bisa didapatkannya atau harus dengan cara memesan terlebih dahulu.

"Kalau mau beli gas dengan harga demikian, saya harus menitipkan uang kepada penjual. Pesanan gas baru didapatkan sepekan kemudian," tutur Mita yang berpofesi sebagai pedagang lontong ini.

Terpisah, Rohani (40) Warga Jalan Kampung Bogor mengemukakan jika harga gas ukuran tabung 3 kg juga sempat dibelinya seharga Rp 28 sampai 30 ribu.

"Saya sebagai pedagang gorengan sangat kebingungan dengan kenaikan harga gas itu. Tapi mau bagaimana lagi, lantaran kebutuhan akan gas sudah sangat pokok bagi saya. Dimana - mana juga pada kosong," ungkapnya.

Selain itu, penyebab langkanya gas ukuran 3 kg yang dikeluhkan warga tersebut, diakui oleh salah seorang warga pemilik dari pangkalan gas 3 kg di Kelurahan Dusun Kepahiang.

"Jatah gas dikurangi di kurangi dari Pertamina. Tapi harga tetap sesuai HET, " terang Sugito. (Baca: Harga Gas 3 Kg Mencekik, Laporkan ke Pusat Layanan Pertamina)

Kompas TV Sindikat LPG Oplosan Diringkus Kepolisian

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X