"Pokemon Go" Bikin Saham Nintendo Menguat 50 Persen

Kompas.com - 14/07/2016, 15:11 WIB
|
EditorAprillia Ika

TOKYO, KOMPAS.com — Saham perusahaan permainan Jepang, Nintendo, kembali meroket setelah peluncuran reality game terbaru mereka, Pokemon Go. Kali ini, saham Nintendo menguat lebih dari 50 persen.

Saham Nintendo menguat 16 persen pada perdagangan Kamis (14/7/2016). Dengan demikian, secara keseluruhan, saham Nintendo telah menguat 56 persen sejak penutupan perdagangan pada Jumat (9/7/2016), ketika permainan Pokemon Go bisa mulai dinikmati publik.

Sejak peluncurannya, Pokemon Go menjadi fenomena di seluruh dunia. Permainan ini merajai App Store iPhone dan Google Play hanya dalam beberapa hari setelah peluncuran resminya di Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Pada perdagangan hari Senin (11/7/2016) saja, saham Nintendo meroket 25 persen.

Makhluk-makhluk Pokemon kali pertama hadir pada tahun 1990-an dalam perangkat Game Boy produksi Nintendo.

Untuk Pokemon Go, Nintendo bermitra dengan developer game AS, Niantic, dan Pokemon Company yang memiliki hak cipta karakter-karakter Pokemon. Nintendo juga merupakan sosok di balik permainan legendaris Super Mario.

Selama ini, Nintendo mengandalkan penjualan konsol game untuk mendongkrak bisnis. Akan tetapi, penjualan konsol meredup dalam beberapa tahun terakhir karena para gamer beralih ke perangkat online dan portabel.

Sejak lama, para analis mengkritik Nintendo lantaran tertinggal jauh dengan rivalnya, Sony. Selain itu, Nintendo juga dinilai terlambat dalam menghadirkan permainan untuk ponsel pintar, yang pasarnya terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir.

Kompas TV Rela Berburu Pokemon Hingga Dini Hari
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.