Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Plastik Berbayar Akan Diterapkan di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 15/07/2016, 16:43 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah ingin mendapatkan gambaran yang lebih luas dari uji coba plastik berbayar. Oleh karena itu, uji coba kebijakan tersebut akan dilakukan di seluruh Indonesia.

"Kami harus uji coba dulu seluruh Indonesia karena Indonesia kan bukan kota kecil, begitu luasnya," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Perluasan uji coba plastik berbayar ke seluruh daerah di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh guna melakukan evaluasi.

Nantinya evaluasi tersebut akan digunakan pemerintah pusat sebagai acuan membuat pedoman dan acuan teknis untuk pemerintah daerah (Pemda).

Seperti diketahui, uji coba plastik berbayar dilakukan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2008, kewenangan pengelolaan sampah berada di pemda.

"Oleh karena itu, berbagai pedoman dan acuan teknis akan diberikan pemerintah pusat," kata Siti.

Kementerian LHK sebenarnya sudah mendapatkan gambaran hasil uji coba pertama plastik berbayar.

Namun, datanya masih bervariasi. Di sejumlah kota, penggunaan plastik ada yang berkurang hingga 50 persen. Namun, ada juga yang hanya turun 30 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com