BI: Defisit Transaksi Berjalan Semester I-2016 Masih Terkendali

Kompas.com - 15/07/2016, 17:51 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) menyatakan posisi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) hingga semester I-2016 ini berada pada tingkatan yang terkendali.

Bank sentral pun menyatakan merasa nyaman dengan posisi defisit transaksi berjalan yang saat ini berada pada kisaran 2,2 hingga 2,4 persen dari produk domestik bruto (PDB).

“Memang bisa dibilang di semester I tahun ini current account deficit pada situasi di mana Bank Indonesia comfortable, di level sekitar antara 2,2 sampai 2,4 persen dari PDB,” kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Mirza menyatakan, posisi defisit transaksi berjalan tersebut bagi bank sentral merupakan level yang sehat. Selain itu, kisaran tersebut juga menunjang optimisme para investor di pasar keuangan terhadap kinerja makroekonomi Indonesia.

Tidak hanya itu, kinerja makroekonomi juga bisa dilihat dari capaian inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) yang hingga pertengahan tahun 2016 ini juga relatif terkendali.

Kalaupun inflasi pada bulan Juni 2016 hingga awal Juli 2016 cenderung sedikit lebih tinggi, hal itu disebabkan pengaruh bulan Ramadhan dan persiapan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Awal Juli itu masih periode puasa memang angka (inflasi) lebih tinggi dibandingkan periode Juni,” imbuh Mirza.

Akan tetapi, lanjut Mirza, pola inflasi setelah Lebaran adalah menurun menuju titik normalnya. Hal ini dapat dilihat dari pola musiman minggu kedua dan ketiga bulan Juli di mana inflasi telah menurun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.