Kompas.com - 19/07/2016, 12:00 WIB
Ilustrasi uang koin Kompas.com/M.Agus Fauzul HakimIlustrasi uang koin
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki utang memang bukan sesuatu yang harus dibanggakan, memiliki utang berarti kita harus bersiap-siap untuk mengatur keuangan kita agar tetap teratur.

Utang yang kita ambil seharusnya tidak melebihi 30 persen dari pendapatan kita, maka dari itu usahakan untuk selalu memiliki utang yang pembayaran cicilannya minimal serta bunga yang rendah.

Biasanya utang konsumtif seperti kartu kredit atau belanja, itu masih bisa dipenuhi karena adanya pembayaran minimum.

Berbeda dengan utang yang berskala besar seperti utang KPR, Cicilan Mobil kepada leasing dan cicilan KTA yang jika terlambat saja membayarnya, anda bisa lebih rumit untuk menyelesaikannya.

Memiliki utang skala besar seperti itu, seringnya membuat nasabah menjadi kurang nyaman dan kurang tenang, karena mau tidak mau, nasabah harus tetap membayarnya sesuai ketentuan yang berlaku di pihak Bank atau leasing tertentu.

Lebih beratnya lagi, bukan saja tagihan yang harus dipenuhi dan dibayarkan, namun denda dan beban bunga yang ditanggung juga harus dibayar lunas.

Jika keadaan keuangan sedang kurang sehat karena adanya hutang yang cukup besar tersebut, sebaiknya anda jangan panik dulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika anda sedang memiliki banyak hutang, tidak usah khawatir, berikut ini ada beberapa alternatif cara yang mungkin bisa membantu untuk melunasi hutang tersebut:  

1.    Membatasi Pengeluaran
Sekarang ini, untuk rumah tangga saja rata-rata pengeluaran wajib mereka tiap bulannya cukup tinggi.

Selain tarif dari masing-masing tagihan mengalami kenaikan, seperti tarif listrik misalnya, pengeluaran rata-rata bertambah dengan adanya penggunaan TV digital berlangganan serta internet di rumah.  Menggunakan kedua jenis teknologi tersebut memang memuaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.