Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Terkena Sentimen "Tax Amnesty", IHSG Ditutup Menguat 0,88 Persen

Kompas.com - 19/07/2016, 16:55 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,88 persen pada Selasa (19/7/2016). Ini merupakan hari ketiga penguatan indeks sejak Jumat pekan lalu.

IHSG ditutup di level 5.172,83 setelah sempat mencapai 5.193,89 sebelum penutupan. Sebelumnya, di Senin (18/7/2016) IHSG ditutup di level 5.127,50.

Sektor keuangan ditutup menguat 2,46 persen dan menjadi motor pendorong indeks hingga penutupan perdagangan. Sektor keuangan menguat seiring rencana pemerintah menambah jumlah bank persepsi yang dapat menampung dana repatriasi atau dana mudik hadil pengampunan pajak.

Pemerintah juga berencana menunjuk sejumlah manajer investasi dan sekuritas untuk mengelola dana repatriasi, yang membuat saham industri keuangan terkerek tajam.

Saham BBRI, BMRI dan BBCA naik tajam masing-masing 2,83 persen, 4,39 persen dan 2,51 persen. Tiga bank tersebut merupakan bank yang ditunjuk jadi bank pengelola dana mudik atau repatriasi pengampunan pajak.

Selain sektor keuangan, tujuh sektor lain juga ditutup dengan penguatan, namun hanya sektor industri dasar yang ditutup menguat di atas 1 persen.

Sementara sektor perkebunan dan infrastruktur ditutup menurun. Sektor perkebunan menurun seiring rencana moratorium lahan sawit yang akan dilaksanakan Agustus ini.

Dari data RTI, volume perdagangan saham hari ini mencapai 7,04 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 9,05 triliun.

Sebanyak 156 saham ditutup meningkat, sebanyak 143 saham ditutup menurun dan 103 saham ditutup tetap. Net foreign buy di semua papan perdagangan mencapai Rp 802,7 miliar.

Kompas TV Pemerintah Siapkan Penampung Dana Mudik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com