Jadi Bank Persepsi Pengampunan Pajak, Ini Persiapan BRI

Kompas.com - 19/07/2016, 22:21 WIB
Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso IstimewaSekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi salah satu bank yang ditunjuk pemerintah sebagai bank persepsi dalam program pengampunan pajak.

Untuk itu, BRI melakukan serangkaian persiapan untuk menampung dana setoran dari program itu.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso menyatakan, dengan adanya kebijakan pengampunan pajak, potensi dana yang masuk ke BRI bisa mencapai ratusan triliun rupiah, baik dana wajib pajak yang berada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri dalam bentuk multi currency atau beragam mata uang.

“Artinya perseroan akan mendapatkan tambahan likuiditas yang cukup besar. Bertambahnya likuiditas BRI tentunya akan meningkatkan penyaluran kredit ke sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang selama ini menjadi core business Bank BRI,” kata Hari dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (19/7/2016).

Selain itu, konversi nilai tukar dana repatriasi dari luar negeri akan turut memperkuat mata uang rupiah sehingga risiko nilai tukar dan risiko kredit menurun,” imbuh Hari Siaga.

Untuk menampung dana-dana tersebut, Bank BRI sebagai salah satu Bank BUMN dan Bank Persepsi (Bank Penerima Setoran Pajak) telah menyiapkan 120 unit Sentra Layanan Prioritas (SLP), 1.070 Kantor Cabang (Kanca) dan Kantor Cabang Pembantu (Kancapem) yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia untuk melayani keperluan wajib pajak yang ingin mendapatkan manfaat dari kebijakan amnesti pajak.

Agar penyerapan dana tersebut berlangsung secara optimal, imbuh Hari, BRI juga telah menyediakan beragam instrumen dengan tingkat imbal hasil yang kompetitif dan konsep layanan one stop financial services solution, mulai dari deposito berjangka, tabungan multi currency, obligasi, Medium Term Notes (MTN), Negotiable Certificate of Deposit (NCD), transaksi valuta asing, produk DPLK, bancassurance, reksadana, jasa kustodian dan jasa trustee.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X