BRI, BNI, Mandiri Sosialisasi di Luar Negeri, BTN Fokus "Roadshow" Dalam Negeri

Kompas.com - 21/07/2016, 11:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan akan fokus melakukan sosialisasi (roadshow) program amnesti pajak di dalam negeri.

Direktur Utama BTN Maryono menuturkan, hal itu dikarenakan BTN ingin fokus memburu dana milik Warga Negara Indonesia (WNI) yang pemiliknya masih berada di Indonesia.

"Kami akan kerja sama dengan asosiasi, seperti Real Estate Indonesia (REI) karena ada kaitannya dengan properti. Sehingga memudahkan penggunaan dana repatriasi dalam investasi properti," terang Maryono dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR-RI, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Maryono mengatakan, produk unggulan yang ditawarkan BTN dalam program amnesti pajak adalah Efek Beragun Aset (EBA) serta Dana Investasi Real Estate (DIRE).

"Efek Beragun Aset selama ini kami gunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), nanti kami kembangkan KI (Kredit Investasi)," ucap Maryono.

Maryono bilang, instrumen DIRE juga sangat menarik di samping EBA. Dia mengklaim banyak nasabah yang ingin dananya masuk ke instrumen ini.

"Saya harap DIRE ini diinisiasi oleh BUMN. Jadi, bangunan yang dimiliki BUMN bisa dimunculkan," ucapnya.

BTN optimistis dapat menampung dana repatriasi minimal Rp 50 triliun. Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Asmawi Syam menuturkan, bank-bank Himbara berbagi tugas dalam sosialisasi program amnesti pajak.

Tokyo dan Seoul menjadi wilayah tugas PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, sedangkan New York dan Singapura menjadi wilayah tugas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sementara itu, London dan Shanghai menjadi wilayah tugas PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

 

Kompas TV PENGAMPUNAN PAJAK, SIAPA UNTUNG? - EPS 16 (BAG4)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.