Kompas.com - 22/07/2016, 13:00 WIB
Logo Uber KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Uber
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Dua tahun lalu, 74 persen dari laporan biaya perjalanan bisnis untuk transportasi darat di Amerika Serikat adalah biaya taksi. Akan tetapi, saat ini realita tersebut sudah berubah.

Uber kini mendominasi 73 persen perjalanan bisnis dengan jalur darat, sementara persentase taksi jatuh ke hanya 22 persen.

Hal ini berdasarkan analisis terhadap 10 juta laporan biaya perjalanan oleh perusahaan manajemen biaya Certify.

"Ini benar-benar terjadi. Pergeseran sedang berlangsung," kata CEO Certify Bob Neveu seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (22/7/2016).

Ketika Certify mulai melacak peningkatan penggunaan layanan transportasi berbasis aplikasi dua tahun lalu, Neveu menyatakan masih banyak perusahaan yang belum nyaman ketika pegawai mereka bepergian dengan Uber atau Lyft.

Taksi masih mendominasi transportasi darat untuk pebisnis dengan persentase 74 persen, sementara Uber 26 persen dan Lyft kurang dari 1 persen.

Akan tetapi, dalam dua tahun belakangan, kalangan bisnis AS sudah mulai nyaman menggunakan Uber dan Lyft, apalagi keduanya secara agresif menyasar kalangan pebisnis yang melakukan perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini porsi pasar Lyft naik ke 5 persen dan Uber hampir 73 persen. Certify melaporkan, sejak kuartal II 2014, porsi perjalanan bisnis dengan taksi turun 51 persen.

Tidak hanya itu, para pebisnis juga lebih memilih Uber dan Lyft karena memiliki pengalaman perjalanan yang lebih baik.

Penumpang, khususnya pebisnis, mengharapkan manfaat lain yang ditawarkan, seperti biaya tambahan untuk air mineral atau fasilitas pengisian baterai ponsel yang ditawarkan Uber.

Sementara itu, kata Neveu, taksi konvensional tidak menawarkan hal-hal seperti itu.

"Saat ini para pebisnis yang melakukan perjalanan bisnis mengharapkan hal-hal seperti itu dalam transportasi. Saya tak bisa mengatakan berapa kali saya lihat orang menunggu Uber di jalan raya, sementara taksi banyak berseliweran," ujar Neveu.

Dari sisi biaya, Neveu menyatakan Certify menemukan bahwa biaya perjalanan dengan taksi mencapai 40 persen lebih tinggi dibanding dengan Uber. 

Kompas TV Tarif Taksi Turun untuk Jaga Persaingan



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.