Exxon Akuisisi Produsen Gas InterOil Senilai Rp 46,8 Triliun

Kompas.com - 24/07/2016, 14:09 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Exxon Mobil Corp menyepakati untuk mengakuisisi perusahaan eksplorasi gas alam InteOil Corp senilai 3,6 miliar dollar AS, atau Rp 46,8 triliun (kurs Rp 13.000 per dollar AS) untuk penemuan cadangan baru di Papua Nugini, guna mencukupi kebutuhan pembeli eksisting.

Dalam sebuah pernyataan resmi Kamis (21/7/2016), pihak Exxon mengumumkan akan menggunakan saham dan uang tunai sendiri untuk membayar antara 45 hingga 71,87 dollar AS per saham InterOil, tergantung pada seberapa banyak lapangan gas Elk-Antelope InteOil akan diakuisisi.

Dengan potensi pembayaran dalam perjanjian yang mencapai 3,6 miliar dollar AS itu, akuisisi ini menjadi yang terbesar Exxon setelah pembelian 35 miliar AS oleh sebuah perusahaan gas Amerika Serikat terhadap XTO Energy pada 2010.

Rencana ekspor

Exxon menyatakan, rencana untuk mendinginkan, mencairkan dan mengekspor gas dari lapangan Elk-Antelope melalui fasilitas yang ada di negara Pasifik Selatan.

Pernyataan Exxon tidak menyebutkan rencana awal dari InterOil yang akan membangun fasilitas LNG secara terpisah, yang disebut LNG Papua.

Fasilitas LNG Exxon di Papua Nugini ini menelan investasi hingga 19 miliar dollar AS untuk mulai dibangun dan diekspor pada 2014.

"Exxon Mobil akan bekerja dengan mitra-ventura dan pemerintah untuk mengevaluasi pengolahan gas dari lapangan Elk-Antelope dengan memperluas proyek LNG Papua Nugini," kata Exxon.

LNG kelebihan pasokan

Aksi akuisisi Exxon ini terjadi di tengah kelebihan pasokan LNG yang terlihat dari banyaknya ekspor baru dari Samudera Hindia ke Teluk Meksiko AS, sementara permintaan di Asia mandeg.

Kapasitas pencairan global akan melompat 45 persen di akhir 2020 menjadi 465 juta ton per tahun. Badan Administrasi Informasi Energi AS mengatakan negara itu berada di trek untuk menjadi net exporter pada akhir tahun depan.

Exxon komitmen membayar harga dasar 45 dollar AS dari sahamnya sendiri untuk setiap saham InterOil.

Selain itu, untuk setiap triliun kaki kubik (TCF) cadangan gas di atas 6,2 TCF yang akan diakuisisi dari Elk-Anteloper, Exxon akan membayar bonus tunai kepada pemegang InterOil. Bagian kas, dikenal sebagai pembayaran sumber daya kontingensi, akan ditutup pada 10 TCF dan 26,87 dollar AS per saham.

Kompas TV Komitmen Investasi Meroket Hingga 167%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.