Persaingan Produsen Lingerie Pasar "Hi-End" di China Kian Panas

Kompas.com - 25/07/2016, 20:15 WIB
Ilustrasi wanita SHUTTERSTOCKIlustrasi wanita
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan pakaian dalam (lingerie) konsumen kelas atas (hi-end) di China kian bergairah, dan memanaskan persaingan antara merek-merek internasional dan rival lokal yang ingin naik kelas.

Menurut sebuah laporan dari Mintel Group, produsen pakaian dalam seksi asal Amerika Serikat, Victoria Secret, akan membuka toko pertamanya di China.

Sementara itu, perusahaan ultra-mewah Italia, La Perla, dan Jerman, Triumph, memperbanyak toko dan mulai bergerak di luar mega-kota China, untuk memenangi pasar lingerie yang dalam lima tahun terakhir berlipat ganda menjadi 18 miliar dollar AS.

Selera konsumen China kian matang. Wanita lebih percaya diri dalam memutuskan belanja untuk dirinya sendiri.

"Kemewahan, tidak dibeli untuk pamer. Ini tentang membeli barang yang membuat Anda merasa nyaman," kata Kepala La Perla Asia, Chiara Scaglia, dikutip dari Reuters.

Pasar pakaian dalam wanita China diperkirakan memiliki nilai eceran hingga 25 miliar dollar AS atau setara Rp 325 triliun (kurs Rp 13.000) pada tahun depan, atau dua kali lipat pasar Amerika Serikat.

Pasar lingerie di China, menurut Euromonitor, akan tumbuh menjadi 33 miliar dollar AS pada 2020, atau sekitar Rp 429 triliun.

Perusahaan China, seperti Beijing Aimer, Maniform, dan Ordifen, juga mengejar pasar itu, dan menargetkan pelanggan yang lebih tinggi hingga hi-end.

Para produsen juga meningkatkan kualitas mereka. "Itu berarti merek asing harus bersaing dengan merek lokal, tidak hanya pada kualitas, tetapi juga inovasi," kata Matthew Crabbe, direktur di Mintel.

Bersaing dengan merek lokal dan internasional, Victoria Secret akan membuka toko utama seluas 1.860 meter persegi di Shanghai pada tahun ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X