Kompas.com - 27/07/2016, 15:53 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Keputusan Presiden Joko Widodo untuk merombak struktur Kabinet Kerja atau reshuffle dipandang mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian, termasuk sentimen investor kepada Indonesia.

Ekonom memprediksi, investor berharap banyak pada reshuffle kabinet. Kepala Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengatakan, kondisi pasar saham pada perdagangan pagi ini, Rabu (27/7/2016), menjelang reshuffle menguat.

Hal ini terlihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat hampir sebesar 1 persen.

"JCI (Jakarta Composite Index) sudah menguat hampir 1 persen dari penutupan kemarin di level 5.274," kata Josua kepada Kompas.com.

Selain itu, nilai tukar rupiah juga terapresiasi sebesar 0,3 persen menjadi Rp 13.127 per dollar AS. Padahal, pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (26/7/2016), nilai tukar rupiah berada pada level Rp 13.165 per dollar AS.

Sementara itu, menurut Josua, pasar obligasi juga mengalami penguatan. Hal ini ditunjukkan dengan yield Surat Utang Negara (SUN) yang turun sekitar 2 sampai 7 basis poin.

"Ini mengindikasikan inflow meningkat seiring ekspektasi reshuffle kabinet diharapkan dapat positif mendorong perekonomian," jelas Josua.

Kompas TV Presiden Umumkan Reshuffle Kabinet Kerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.