Kompas.com - 27/07/2016, 16:20 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi ekonomi yang fluktuatif dan sangat mudah terpengaruh sentimen dari luar membuat suatu negara membutuhkan sosok yang mampu memberikan ketenangan bagi pergerakan perekonomian melalui pernyataan ataupun pidatonya.

Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Janet Yellen, misalnya, berhasil membawa bursa AS menguat cukup tinggi sepanjang 2016 berkat pidatonya yang berisi tentang penahanan kenaikan suku bunga pada Maret lalu.

Pada saat itu, pidato Yellen cukup membuat Indeks Dow Jones Industrial ditutup naik 0,56 persen ke level 17.633,11.

Indeks S&P 500 naik 17,96 poin ke level 2.055,01 dan indeks Nasdaq Composite naik 1,67 persen ke level 4.846,62.

Ekonom dari Universitas Gadjah Mada, Tony Prasetiantono, mengatakan, sosok yang mirip dengan Yellen adalah Sri Mulyani yang merupakan Direktur Pelaksana Bank Dunia.

"Statement-statement-nya bisa menenangkan, berpengaruh, dan membangun confidence. Mirip Janet Yellen di AS," ujar Tony kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2016).

Menurut Tony, Sri Mulyani memiliki kebijakan-kebijakan yang dipercaya mampu meredam gejolak yang sedang terjadi di pasar.

Meski tidak secara langsung dirasakan, tetapi dampak pengurangan gejolak tersebut bisa dirasakan dalam waktu yang tidak jauh setelah dirinya memberikan pernyataan.

"Ketika pasar sedang terguncang dan confidence-nya rendah misalnya, bisa ditenangkan oleh Sri Mulyani," pungkas Tony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.