Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Prioritas Kerja Menkeu Anyar Sri Mulyani dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 28/07/2016, 06:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sri Mulyani telah resmi menjabat sebagai Menteri Keuangan di dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Di hari pertamanya menjabat sebagai menteri, Ani sapaan Sri Mulyani, langsung menyampaikan prioritas kerja yang akan ia lakukan dalam waktu dekat.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu akan memprioritaskan penyusunan anggaran pemerintah pada APBN 2017.

Saat ini, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terus gencar menyusun anggaran tersebut.

"APBN adalah instrument untuk menstimulasi ekonomi dan sekaligus memperbaiki pondasi perekonomian," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Ia akan segera berkoordinasi dengan seluruh kementerian dan lembaga terkait penyusunan APBN 2017.

Perempuan berusia 53 tahun itu ingin adanya sinkronisasi antara APBN dengan kebijakan yang disusun oleh Kementerian Koordinator.

Ia yakin, sinkronisasi APBN sebagai instrumen fiskal akan mampu efektif mencapai tujuan pemerintah mulai dari pengentasan kemiskinan, menyediakan kesempatan kerja, mendorong ekonomi, meningkatkan kesejahteraan, hingga memperkecil kesenjangan.

"Jadi kebijakan fiskal adalah kebijakan yang bukan berdiri sendiri secara ekslusif. Tapi alat sebagai bagian dari kebijakan ekonomi pada umumnya," kata Sri Mulyani Dalam waktu dekat,

Sri Mulyani juga akan melihat susunan anggaran yang sudah diberi oleh pendahulunya, Bambang Brodjonegoro. Sebisa mungkin, ia akan memaksimalkan apa yang sudah disusun.

Kompas TV Perempuan dalam Kuasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com