Ini Langkah Jangka Pendek dan Menengah Enggartiasto di Sektor Perdagangan

Kompas.com - 28/07/2016, 07:00 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita  usai serah terima jabatan, Jakarta, Rabu (27/7/2016) Estu Suryowati/KOMPAS.comMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai serah terima jabatan, Jakarta, Rabu (27/7/2016)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan terpilih, Enggartiasto Lukita, menuturkan akan melakukan upaya jangka pendek dan menengah untuk meningkatkan kinerja di sektor perdagangan.

Pada pekan pertama, Enggartiasto akan melakukan koordinasi internal dan memetakan permasalahan di sektor perdagangan.

Selanjutnya, pada pekan kedua, ia akan melakukan koordinasi eksternal dengan pemangku kepentingan, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Enggartiasto juga menyampaikan akan mengajak pelaku bisnis untuk berdiskusi masalah perdagangan, serta hambatan mereka dalam berdagang dan memenangi perdagangan domestik maupun internasional.

“Presiden tadi berpesan, jangan ada hal yang menghambat. Bongkar itu semua kalau menghambat pekerjaan,” katanya kepada wartawan seusai serah terima jabatan dengan Thomas Trikasih Lembong, di Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Dia menuturkan, setidaknya ada tiga hal utama yang harus diselesaikan segera, yaitu stabilisasi harga kebutuhan pokok, pembangunan pasar, dan meningkatkan kapasitas pelaku bisnis di sektor perdagangan.

Guna mencapai stabilisasi harga kebutuhan pokok, Enggartiasto menyampaikan akan melibatkan para pelaku bisnis agar harga kebutuhan pokok lebih terjangkau, tetapi tetap memberikan keuntungan yang menarik bagi pengusaha.

Misalnya, untuk stabilisasi harga daging sapi, Enggartiasto memiliki rencana untuk mengubah regulasi impor. Perubahan ini, menurut dia, diperlukan untuk memberikan jaminan kelangsungan usaha bagi pebisnis.

“Karena kalau pengusaha tidak dapat kepastian, cuma enam bulan atau satu tahun bisa satu kali impor, ya dia akan cari untung sebesar-besarnya,” ucap mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia itu.

Kompas TV Ekspor Juni Meningkat dari Bulan Mei

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X