Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen Positif Sri Mulyani Masih Akan Mewarnai Pola Gerak IHSG

Kompas.com - 28/07/2016, 09:15 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditunjuknya Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan yang baru menggantikan Bambang Brodjonegoro rupanya direspon positif para pelaku pasar.

Respon positif tersebut ditandai dengan menguatnya IHSG pada penutupan perdagangan kemarin setelah diumumkannya reshuffle sebesar 49,96 poin atau 0,95 persen ke level 5.274.

"Nama Sri Mulyani bagi para pelaku pasar sejak dulu punya kharisma, kapabilitas, jadi tidak diragukan lagi, dan sudah terbukti mampu jadi Menteri Keuangan pada saat ekonomi Indonesia terkena krisis pada 2008 silam," ujar Analis PT Lauthandana Securindo, Krisna Dwi Setiawan kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2016).

Pada pergerakan IHSG hari ini pun diprediksikan penguatannya masih akan berlanjut seiring sentimen positif dari ditetapkannya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan.

Krisna mengatakan, posisi Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan memang akan menjadi sorotan, terlebih kondisi anggaran pemerintah anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang tengah mengalami defisit.

Selain itu, menurut Krisna, pelaku pasar memang sudah lama menunggu momen perombakan kabinet kerja yang dinilai belum mampu menumbuhkan perekonomian Indonesia.

"Ekonomi kita punya potensi yang besar tapi kenapa mereka susah untuk menggerakkan atau menumbuhkan ekonomi kita," tandas Krisna.

Kompas TV Dukungan Parpol Terhadap Perombakan Kabinet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com