Laba Bersih Sektor Otomotif Grup Astra Semester I 2016 Naik 13 Persen

Kompas.com - 28/07/2016, 18:45 WIB
Gedung Astra International di Sunter, Kelapa Gading, Jakarta Utara.. Gambar diambil Jumat (24/10/2014). Kompas.com/Robertus BelarminusGedung Astra International di Sunter, Kelapa Gading, Jakarta Utara.. Gambar diambil Jumat (24/10/2014).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Laba bersih grup bisnis otomotif PT Astra International Tbk (ASII) naik sebesar 13 persen menjadi Rp 3,86 triliun pada semester I 2016 dari Rp 3,42 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Secara keseluruhan, penjualan otomotif sedikit meningkat sepanjang periode ini. Sebagian besar karena peluncuran model baru yang turut berdampak positif terhadap margin," ujar Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2016).
 
Prijono menyebutkan, penjualan mobil secara nasional meningkat sebesar 1 persen menjadi 532.000 unit.

Sementara itu, penjualan mobil Astra naik sebesar 4 persen menjadi 273.000 unit, yang menyebabkan peningkatan pangsa pasar dari 50 persen menjadi 51 persen.

"Grup telah meluncurkan enam model baru dan lima model revamped selama periode ini," sebut Prijono.

Meski demikian, peningkatan penjualan mobil tak diiringi dengan penjualan sepeda motor nasional yang menurun sebesar 7 persen menjadi 3 juta unit.

Penjualan sepeda motor dari PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami kenaikan 1 persen menjadi 2,2 juta unit sehingga pangsa pasarnya meningkat dari 67 persen menjadi 73 persen.

Adapun Astra Otoparts, bisnis komponen grup, mencatat laba bersih yang stabil sebesar Rp 152 miliar dengan peningkatan pendapatan dari bisnis pasar pabrikan otomotif atau original equipment manufacturer (OEM), aftermarket, dan segmen ekspor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X