Sektor Alat Berat dan Pertambangan Grup Astra Paling Terkoreksi

Kompas.com - 28/07/2016, 19:42 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Laba bersih grup Astra dari segmen alat berat dan pertambangan menurun paling tajam dibandingkan sektor lainnya, yakni sebesar 45 persen dari Rp 2,04 triliun di semester I 2015 menjadi Rp 1,1 triliun di semester I 2016.  

Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis perseroan, PT United Tractors Tbk (UNTR), yang 59,5 persen sahamnya dimiliki oleh perseroan, melaporkan laba bersih sebesar Rp 1,9 triliun, atau turun 46 persen.

Hal tersebut disebabkan penurunan volume bisnis dan pengaruh dari penguatan rupiah terhadap aset berdenominasi dollar AS.

Pada segmen usaha mesin konstruksi, pendapatan bersih mengalami penurunan sebesar 6 persen karena penjualan alat berat Komatsu menurun 25 persen menjadi 1.036 unit.

PT Pamapersada Nusantara (PAMA), anak perusahaan UNTR di bidang kontraktor penambangan batubara, mengalami penurunan pendapatan bersih sebesar 22 persen akibat menurunnya kontrak produksi batubara sebesar 4 persen menjadi 50 juta ton.

PT Acset Indonusa Tbk, perusahaan kontraktor umum  yang 50,1 persen sahamnya dimiliki UNTR, melaporkan peningkatan laba bersih yang signifikan dari Rp 5 miliar menjadi Rp 33 miliar.

Acset mencatatkan penambahan kontrak baru senilai Rp 2,4 triliun sepanjang semester I 2016 dibandingkan dengan Rp 3,1 triliun sepanjang tahun 2015.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, Acset menyelesaikan rights issue pada bulan Juni, menghasilkan dana sebesar Rp 600 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.