Selisih Kurs Dongkrak Laba Bersih Astra Agro Lestari Sebesar 78 Persen

Kompas.com - 28/07/2016, 19:48 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Laba bersih dari segmen agrobisnis grup Astra meningkat 78 persen menjadi Rp 631 miliar pada semester I 2016.

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), yang 79,7 persen sahamnya dimiliki oleh Astra International, membukukan laba bersih sebesar Rp 792 miliar atau naik 78 persen, meskipun penjualan dan harga minyak mentah atau crude palm oil (CPO) menurun.
 
"Peningkatan laba bersih disebabkan oleh keuntungan dari penguatan mata uang rupiah terhadap kewajiban moneter dalam mata uang dollar AS," ujar Presiden Direktur Astra International, Prijono Sugiarto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2016).

Pihaknya mencatat, penjualan CPO menurun 9 persen menjadi 502.000 ton, saat harga rata-rata CPO mengalami penurunan sebesar 4 persen menjadi Rp 7.342 per kilogram dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

AALI telah menyelesaikan rights issue senilai Rp 4 triliun pada bulan Juni 2016 untuk memperkuat posisi neraca keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.