Berlatar Belakang Migas, Arcandra Optimistis Bisa Selesaikan Masalah Kelistrikan dan Minerba

Kompas.com - 29/07/2016, 17:51 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat perbincangan dengan media, di kantornya, Jakarta, Jumat (29/7/2016) Kompas.com/ Estu SuryowatiMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat perbincangan dengan media, di kantornya, Jakarta, Jumat (29/7/2016)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar adalah pemegang gelar PhD di bidang ocean engineering. Akan tetapi, dia yakin bisa menangani sektor kelistrikan dan pertambangan.

“Masalah kompetensi saya kan di migas. Justru saya juga bertanya ulang, migas itu sangat luas. Kalau kita nilai 1-10, ternyata ilmu saya cuma 1, ada 9 yang saya tidak tahu,” kata Arcandra saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

“Begitu juga dengan listrik, antara 1-10, mungkin ilmu saya 0,5 saja tidak sampai. Kompetensi di minerba juga sama. Itu baru kompetensi teknis. Yang non-teknis, saya lebih tidak banyak ilmunya,” ucapnya.

Namun demikian, lanjut Arcandra, kompetensi itu tidak hanya dibangun dari latar belakang pendidikan atau keilmuan.

“Yang namanya kompetensi itu ada tiga hal, ilmu, skill (ketrampilan), dan experience (pengalaman),” kata Arcandra.

Ibarat menaiki sepeda, ucap Arcandra, orang dikatakan berilmu menaiki sepeda ketika dia bisa menyebut bagian-bagian sepeda, mana itu roda, mana itu setang. 

“Jadi, tidak ada orang ‘superman’ di dunia ini menyangkut masalah kompetensi. Tapi dengan usaha yang keras, ingin belajar bahwa permasalahan di migas, listrik, minerba dan energi baru-terbarukan, Insyaallah saya akan belajar sekuat tenaga untuk mengetahui dan mencari solusi,” ucap Arcandra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X