Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Peternak Indonesia, FAO Luncurkan Aplikasi Petelur.id

Kompas.com - 29/07/2016, 19:04 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mendorong kebutuhan peternak dalam mengelola produktivitas mereka di era digital, Badan Pangan dan Pertanian Dunia PBB (Food and Agriculture Organization of the United Nations atau FAO) lndonesia meluncurkan aplikasi Petelur ID.

Ini merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk peternak ayam petelur skala menengah ke bawah.

"Aplikasi ini dikembangkan untuk peternakan skala kecil dan skala medium. Harapannya dapat digunakan para peternak untuk mengolah data dari peternak dan juga bagi peternak untuk mengetahui produktivitas dalam peternakan tersebut," ujar Team Leader FAO ECTAD Indonesia, James McGrane, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, (29/7/2016).

Aplikasi tersebut diluncurkan saat penyelenggaraan Seminar Nasional "Ayam Sehat, Produktivitas Meningkat” di Indonesia Livestock Expo Forum 2016 di Jakarta, Jumat (28/7/2016).

Aplikasi berbasis Android yang dikembangkan bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Perunggasan lndonesia (PDHPl) dan lnteiijen Dynamics.

James menambahkan, aplikasi ini akan membantu petani dalam merekam produksi telur pertanian, konsumsi pakan, dan penyusutan jumlah ayam.

"Melalui analisis tentang Hen-Day, FCR (rasio konversi pakan), tren kematian populasi ayam, dan parameter lainnya, petani dapat memantau kinerja peternakan lewat ponsel mereka. Selain itu, mereka dapat berkonsultasi secara interktif dengan para ahli dari Asosiasi Dokter Hewan Peruggasan Indonesia," tambah James.

"Ide untuk mengembangkan aplikasi berasal dari peternak sendiri. Seiring ritme kehidupan yang bergerak cepat, ada kebutuhan mengelola peternakan secara online," kata James.

"Melalui input data secara teratur oleh pekerja, para pemilik dan manajer peternakan dapat dengan mudah memantau produktivitas peternakan mereka, meskipun saat mereka tak di tempat," tambahnya.

Adapun cara menggunakan aplikasi tersebut, peternak terlebih dulu login dengan menggunakan password.

Pada aplikasi ini, peternak dapat memasukkan jumlah produksi telur per harinya, berapa berat telurnya, dan jumlah makanan pakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com