BCA Prediksi Akan Ada Kenaikan Rasio NPL pada Akhir 2016

Kompas.com - 29/07/2016, 19:22 WIB
Wakil Presiden Direktur BCA, Eugene Keith Galbraith di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (29/7/2016). Iwan Supriyatna/Kompas.comWakil Presiden Direktur BCA, Eugene Keith Galbraith di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (29/7/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) hingga semester l 2016 tercatat mencapai level 1,4 persen.

Wakil Presiden Direktur BCA Eugene Keith Galbraith mengatakan, NPL BCA diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga akhir tahun ke level 2 persen, mengingat kondisi ekonomi yang masih belum pulih.

"Masih akan ada tekanan dari kondisi ekonomi, itu yang akan menyebabkan NLP BCA naik," ujar Eugene di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Meski tak menyebutkan segmen kredit apa yang paling menonjol dalam menyumbang NPL, namun menurutnya kondisi pertambangan yang tengah lesu menyebabkan beberapa kreditur di sektor tambang mengalami kendala.

"Saya rasa secara spesifik segmen apa yang menonjol tidak ada ya, yang pasti sektor pertambangan memang sedang lesu," tandas Eugene.

Sekadar catatan, sepanjang semester I 2016, BCA telah menyalurkan kredit sebesar Rp 387 triliun.

Penyaluran kredit tersebut mengalami kenaikan 11,5 persen, dari periode yang sama di 2015 sebesar Rp 347,1 triliun.

Kredit korporasi mencapai Rp 135,3 triliun, komersial dan UKM mencapai Rp 146,5 triliun, dan konsumer tercatat di posisi Rp 105,1 triliun.

Pada tahun 2016, BCA menargetkan peningkatan kredit sebesar 10 persen sampai 12 persen. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X