Lion Air: Penerbangan "Delay" karena Masalah Operasional

Kompas.com - 01/08/2016, 09:02 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air mengonfirmasi bahwa penundaan penerbangan atau delay yang terjadi pada hari Minggu (31/7/2016) di Bandar udara (Bandara) Soekarno-Hatta disebabkan karena adanya masalah operasional.

Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait menjelaskan masalah tersebut dikarenakan adanya pergantian awak penerbangan atau crew yang terkena dampak dari delay pada Minggu Siang kemarin.

Selain itu, terdapat beberapa pesawat yang mengalami masalah teknikal. Sehingga juga terkena dampak penggatian crew pada penerbangan tujuan Lombok, Bengkulu, Surabaya dan Banjarmasin.

"Pada saat melakukan penggantian crew, kami terkena limitasi jam operasional Bandara tujuan sehingga kami harus menunda penerbangan sampai pagi hari ini," ujarnya dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Adapun penerbangan Lion Air yang mengalam delay panjang antara lain:

1. JT 650 rute Cengkareng - Lombok,
2. JT 630 rute Cengkareng - Bengkulu,
3. JT 590, rute Cengkareng - Surabaya,
4. JT 582, rute Cengkareng - Surabaya,
5. JT 526, rute Cengkareng - Banjarmasin.

Menurut Edward, Lion Air akan menerbangkan seluruh penerbangan yang mengalami penundaan dari hari Minggu. Dia juga mengungkapkan Lion Air juga telah memberikan kompensasi terhadap penumpang delay sesuai dengan ketentuan berlaku.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidak nyamanan yang penumpang kami alami dan kami akan berusaha agar penerbangan pada hari ini berjalan dengan normal," pungkasnya.

Sekadar informasi, sejumlah penerbangan Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta mengalami delay berjam-jam pada Minggu kemarin.

Ratusan penumpang sempat telantar yang diakibatkan oleh penundaan penerbangan yang terjadi.

Bahkan dari informasi yang dihimpun sejumlah penumpang penerbangan Lion Air dengan tujuan Cengkareng-Bengkulu sempat memblokade landasan pesawat disebabkan karena tidak ada kejelasan lebih lanjut dari pihak manajemen Lion Air terkait delay tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.