Ratusan Kendaraan Uber Taxi dan Grab Car Tidak Lolos Uji Kir

Kompas.com - 01/08/2016, 20:48 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS. com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memanggil manajemen Uber Taxi dan Grab Car ke Kantor Kementerian Perhubungan hari ini.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hemi Pamuraharjo, masih banyak kendaraan Uber Taxi dan Grab Car yang gagal uji KIR.

"Posisi terakhir, data Dirjen Perhubungan Darat, kami dapatkan dari 1.450 kendaraan (Uber dan Grab) yang di KIR, yang lolos 1.200 kendaraan," ujar Hemi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Kemenhub sendiri masih akan menunggu perbaikan Uber Taxi dan Grab hingga 1 Oktober 2016.

Tanggal tersebut merupakan batas waktu yang diberikan pemerintah kepada Uber Taxi dan Grab Car memenuhi semua persyaratan.

Seperti diketahui, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi yakni pengendaranya menggunakan SIM umum, berbadan hukum, STNK harus atas nama perusahaan atau koperasi, dan terakhir kendaraannya harus lolos uji KIR.

"Yang pasti Peraturan Menteri 32 Tahun 2016 (Tentang Penyelenggaraaan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek) masih berlaku dan belum ada pelonggaran," kata Hemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.