Penjualan Semen Baturaja Naik 4 Persen berkat Proyek-proyek ASEAN Games

Kompas.com - 02/08/2016, 14:00 WIB
Semen Baturaja images.kontan.co.idSemen Baturaja
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 4 persen dari 666.184 ton semen pada semester I-2015 menjadi 693.193 ton pada semester I 2016.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji mengatakan, penjualan Semen Baturaja ditopang oleh permintaan dari persiapan penyelenggaraan ASEAN Games di Sumatera Selatan (Sumsel). Sebab, Semen Baturaja memang menguasai pasar penjualan di Sumsel.

"Semen Baturaja ini ada di Jambi, Bengkulu, Sumsel, dan Lampung. Nah, Sumsel ini sedang giat pembangunan karena ada ASEAN Games," ujar Pamudji di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (2/8/2016).

Saat ini, sebut Pamudji, pangsa pasar Semen Baturaja di wilayah Sumsel sekitar 50 persen hingga 55 persen. Sehingga, dampak dari peningkatan permintaan semen di Sumsel sangat berpengaruh pada penjualan perseroan.

Apalagi, Semen Baturaja sudah memiliki pabrik di wilayah Sumsel yang semakin memudahkan perseroan dalam mendistribusikan semen.

"Kami punya pabrik di sana, makanya Sumsel masih jadi pasar kami," tandas Pamudji.

Sementara itu, kompetitor yang ingin masuk ke pasar Sumsel akan mengalami kesulitan jika tidak memiliki pabrik di Sumsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak mudah pasar mau masuk secara besar-besaran ke Sumsel karena harus masuk lewat Sungai Musi. Biasanya proyek besar itu pakai semen curah, tidak mudah bawa itu dari tempat jauh ke sana," pungkasnya.

Kompas TV Cabang Andalan Indonesia Tidak Dipertandingkan di SEA Games 2017



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X