Terhantam Cuaca, Laba Bersih Emiten Sawit Ini Turun 39 Persen

Kompas.com - 04/08/2016, 15:10 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) sepanjang semester I 2016 mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 39 persen dari Rp 246,96 miliar pada semester I 2015 menjadi Rp 149,1 miliar pada semester I 2016.

Direktur SSMS Harry M Nadir mengatakan, terkoreksinya laba bersih emiten sawit ini karena terimbas faktor cuaca yang disebabkan oleh El Nino pada tahun 2015.

"Perubahan cuaca yang cenderung belum membaik masih akan berdampak hingga akhir tahun depan," ujar Harry di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Hingga akhir tahun ini, kata Harry, produksi crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah masih terkoreksi.

"Kami menghitung, hingga akhir tahun ini, produksi CPO bakal terkoreksi lagi 15 persen sampai 20 persen," imbuh Harry.

Harry memprediksikan, produksi sawit SSMS baru akan rebound pada tahun 2017 atau 2018 mendatang.

Tercatat, hingga saat ini luas areal tertanam SSMS mencapai 70.940 hektar.

Sampai akhir tahun 2015, jumlah tandan buah segar yang diproses di pabrik kelapa sawit milik perseroan mencapai 1,35 juta ton dan menghasilkan 321.238 ton CPO.

"Sebagian besar tanaman kelapa sawit yang kami miliki akan masuk tahun puncak produksi dalam kurun waktu 3 tahun sampai 5 tahun mendatang," pungkas Harry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.