Wujudkan Ketahanan Pangan, Kemendag Siapkan "Roadmap" Pemenuhan 4 Komoditas

Kompas.com - 05/08/2016, 11:21 WIB
Ilustrasi: gudang gula KOMPAS.com/TABITHA DIELAIlustrasi: gudang gula
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAMBI, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan menyiapkan roadmap pemenuhan kebutuhan empat komoditas dalam rangka mencapai ketahanan pangan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengatakan empat komoditas yang dimaksud adalah beras, gula, bawang merah dan daging. Penyiapan roadmap akan memakan waktu tiga bulan.

"Segala macam akan kami lakukan guna memenuhi kebutuhan, yang salah satunya impor. Namun untuk jangka panjang, akan mengarah ke swasembada," ujarnya Kamis (4/8/2016) petang.

Dia memberi contoh komoditas gula. Kementerian Perdagangan mengklaim kebutuhan gula mencapai 5,8 juta ton, sedangkan produksi dalam negeri hanya sekitar 2,8 juta ton. Akibatnya ada kurang sekitar 3 juta ton.

"Mau tidak mau kita harus impor, jika tidak ingin harganya melambung. Demikian juga untuk daging sapi. Dalam hal ini kami tidak ingin menekan harga, namun menyediakannya dengan harga yang terjangkau," kata Oke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.