Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Terkait "Tax Amnesty", Instrumen Investasi yang Bagus Ada di Pasar Modal

Kompas.com - 05/08/2016, 15:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan program pengampunan pajak atau tax amnesty akan mendatangkan aliran dana yang cukup deras dari luar ke dalam negeri.

Melihat adanya potensi tersebut, pemerintah bekerjasama dengan beberapa pihak terkait menyiapkan instrumen investasi yang cocok guna menampung dana repatriasi tersebut.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan, para pemilik dana di luar negeri yang akan menempatkan dananya di dalam negeri berharap mendapatkan return (keuntungan) tinggi.

Menurut Nurhaida, instrumen investasi yang memberikan return tinggi adalah melalui produk pasar modal.

"Investor umumnya mencari instrumen yang bisa memberikan return yang bagus. Instrumen yang bagus itu ada di pasar modal," ujar Nurhaida di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Prospek industri pasar modal, kata Nurhaida memiliki potensi yang sangat besar bagi investor yang menginginkan return tinggi, terlihat dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang telah menyentuh level 5.400.

"Tax amnesty sangat positif bagi pasar modal, oleh karena itu kita bisa lihat secara langsung hari ini kenaikan indeks cukup bagus mencapai di atas 5.400," tandas Nurhaida.

Nurhaida berharap, pergerakan IHSG dapat terus merangkak naik untuk menjaring minat investor untuk menempatkan dananya di pasar modal.

"Mudah-mudahan ini bisa sustain, karena ada program tax amnesty dan sentimen positif lainnya yang ada di pasar modal," pungkas Nurhaida.

Kompas TV Presiden Imbau Wajib Pajak Manfaatkan Pengampunan Pajak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com