Sri Mulyani Jamin Belanja Pendidikan, Kesehatan, dan Bantuan Sosial Tidak Dipotong

Kompas.com - 05/08/2016, 18:10 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Fabian Januarius KuwadoMenteri Keuangan Sri Mulyani
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah tidak akan memotong anggaran untuk belanja kelompok masyarakat miskin.

Pemotongan belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 65 triliun akan dilakukan untuk belanja-belanja yang tidak prioritas.

"Belanja yang terutama sangat penting untuk kelompok masyarakat miskin tidak akan kita potong, bahkan pemerintah lindungi. Pendidikan, kesehatan, bantuan sosial," kata Sri dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan saat ini detail pemotongan belanja kementerian/lembaga sedang dikerjakan.

Sesuai dengan pembahasan di sidang kabinet paripurna, kata dia, pemerintah akan terus menjaga belanja-belanja yang masuk dalam kategori prioritas dan strategis.

Anggaran untuk belanja-belanja seperti ini terus dijaga untuk menopang kegiatan ekonomi, dalam bentuk penciptaan kesempatan kerja, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, imbuh Sri, seluruh pengeluaran yang sifatnya untuk pembangunan infrastruktur yang dapat meningkatkan konektivitas dan produktivitas tidak akan dipotong.

"Jadi, yang kita lakukan pemotongan adalah belanja-belanja yang tidak prioritas. Akan tetapi, belanja yang kontraknya sudah terjadi juga tidak dipotong karena nantinya akan menimbulkan masalah administrasi," ujar Sri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X