Survei Nielsen: Kepercayaan Konsumen "Online" Indonesia Meningkat

Kompas.com - 07/08/2016, 11:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Optimisme konsumen online Indonesia terus meningkat. Temuan Global Survey of Consumer Confidence and Spending Q2 2016 yang dirilis Nielsen baru-baru ini menunjukkan Indeks Kepercayaan Konsumen naik dari 117 pada kuartal I 2016 menjadi 119 pada kuartal II 2016.

Survei Nielsen melaporkan dua indikator yang menunjukkan kepercayaan konsumen meningkat.

Pertama, indikator prospek lapangan pekerjaan yang meningkat dari 67 pada kuartal I 2016 menjadi 70 pada kuartal II 2016.

"Konsumen Indonesia yakin bahwa prospek lapangan kerja dalam 12 bulan ke depan akan baik atau sangat baik," tulis Nielsen dalam rilisnya, Minggu (7/8/2016).

Kedua, indikator keinginan belanja yang meningkat dari 52 pada kuartal I 2016 menjadi 54 pada Q2 2016. Sementara itu indikator kondisi keuangan pribadi sedikit mengalami penurunan namun tetap stabil dari 82 pada kuartal I 2016 menjadi 81 pada kuartal II 2016.

Hasil riset Nielsen juga menunjukkan persepsi konsumen online Indonesia mengenai keadaan resesi ekonomi juga terus membaik sejak akhir tahun lalu.

Persentase konsumen yang setuju bahwa negaras sedang berada dalam resesi ekonomi, turun, dari 69 di kuartal IV 2015 menjadi 58 di kuartal I 2016, dan kemudian turun lagi menjadi 51 di kuartal II 2016.

"Konsumen Indonesia perlahan meraih kembali kepercayaan dirinya dalam tiga kuartal terakhir, ini merupakan indikasi yang baik bagi para pelaku industri," kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin.

"Pemilik merek, produsen, dan perhotelan harus jeli menangkap peluang untuk meraih konsumen dengan menawarkan keuntungan bagi konsumen yang didasari oleh pemahaman menyeluruh atas apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen," ujar Agus.

Kompas TV Sejuta Senyum Untuk "Precious One"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.